Selamat datang di Website Resmi Pemerintah Desa Lubuk Lawas,,, untuk mendapatkan Pelayanan Desa Mandiri dapat menghubungi admin desa dalam mendapatkan PIN. Demikian atas kunjungannya diucapkan terima kasih

Artikel

PENYALURAN BLT-DD TAHAP IV TAHUN 2023

19 Desember 2023 02:20:46  ANDRI HARDALIS  329 Kali Dibaca  Berita Desa

LUBUKLAWAS.DESA.ID - Senin, (18/12/23) BLT-DD adalah bantuan langsung tunai kepada keluarga miskin atau tidak mampu di Desa Lubuk Lawas yang bersumber dari Dana Desa untuk sasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dan mengurangi dampak ekonomi akibat adanya pandemi Corona Penyakit Virus 2019 (COVID-19). Pemerintah Desa Lubuk Lawas menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap IV untuk Bulan Oktober s.d Desember 2023 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Kepala Desa Lubuk Lawas. 

 

Kegiatan dimulai pukul 14.00 WIB  yang dihadiri oleh  para Perangkat Desa Lubuk Lawas dan staf, Babinsa, Babinkantibmas, dan para Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

 

Penyaluran BLT-DD tahap IV dilakukan pada bulan Desember Tahun 2023 diberikan kepada 26 Keluarga Penerima Manfaat. Setiap KPM menerima uang tunai sejumlah Rp 900.000,00 (sembilan ratus ribu rupiah) untuk bulan Oktober s.d Desember Tahun 2023.

 

Dalam sambutan Kepala Desa menyampaikan bahwa BLT-DD insyaallah masih akan berlanjut di tahun 2024 sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2023 serta dapat menggunakan dana bantuan BLT terakhir di Tahun 2023 sebaik mungkin untuk kepentingan dan kebutuhan rumah tangga. Kepala Desa juga menyampaikan untuk bersama sama mendukung program yang akan dijalankan Pemerintah Desa dalam Program Pelayanan yang berbasis digital desa pada Tahun 2024.

 

Dalam kesempatan yang sama pada saat sambutan BKTM menyampaikan kepada warga khususnya yang hadir dalam penyaluran BLT-DD agar mengingatkan kepada orang tua yg mempunyai anak muda/i berhati hati dalam mengendarai sepeda motor dalam suasana mudik natal dan tahun baru, dikarenakan sangat tingginya rawan/angka kecelakaan pada saat arus lalu lintas pemudik, apalagi muda-mudi yang mengendarai sepeda motor secara ugal-ugalan dalam perayaan tahun baru. 

 

Selanjutnya dalam sambutan Babinsa Serda ARMIADI langsung perkenalan pertama kepada masyarakat Lubuk Lawas khususnya kepada KPM BLT-DD sebagai Babinsa baru di Desa Lubuk Lawas yang juga merupakan putra asli daerah Batang Asam sekaligus menyampaikan untuk tidak terkotak kotak dalam pemilu 2024 dan menjaga keamanan dan ketertiban sehingga dapat manjadikan pemilu yang aman, damai dan berkualitas. 

 

Dan dilanjutkan dengan sambutan Pendamping Lokal Desa BETARIA menyampaikan tentang Fokus penggunaan Dana Desa pada Tahun 2024 diutamakan untuk mendukung :

1. penanganan kemiskinan ekstrem dalam bentuk bantuan langsung tunai Desa (maksimal 25% dari pagu Dana Desa);

2. program ketahanan pangan dan hewani (minimal 20% dari pagu Dana Desa);

3. dana operasional pemerintah Desa (maksimal 3% dari pagu Dana Desa);

4. program pencegahan dan penurunan stunting skala Desa; dan

5. program sektor prioritas di Desa melalui bantuan permodalan BUM Desa/BUM Desa bersama.

Dari 100% pagu Dana Desa, maksimal 48% Dana Desa digunakan untuk mendanai program/kegiatan yang telah diamanatkan oleh UU APBN. Minimal 52% Dana Desa digunakan untuk mendanai program/kegiatan sesuai kebutuhan warga dan berbagai permasalahan yang terjadi di Desa. Fokus penggunaan Dana Desa dibahas, disepakati, dan ditetapkan dalam Musyawarah Desa penyusunan RKP Desa. Hasil Musyawarah Desa dituangkan dalam berita acara yang akan menjadi dasar dalam penyusunan APBDesa Tahun 2024.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. M. Darwis RT. 002
Desa : Lubuk Lawas
Kecamatan : Batang Asam
Kabupaten : Tanjung Jabung Barat
Kodepos : 36552
Telepon : 081367401899
Email : lubuklawas@tanjabbarkab.go.id

 Arsip Artikel

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

Kemendagri Tanjung Jabung Barat KumpehHost
Kecamatan Batang Asam Kemendesa

 Komentar

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:204
    Kemarin:446
    Total Pengunjung:42.968
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.121.7
    Browser:Tidak ditemukan