Selamat datang di Website Resmi Pemerintah Desa Lubuk Lawas,,, untuk mendapatkan Pelayanan Desa Mandiri dapat menghubungi admin desa dalam mendapatkan PIN. Demikian atas kunjungannya diucapkan terima kasih

Artikel

Tradisi Masyarakat Desa Lubuk Lawas dalam mencari ikan dipayo pada musim kemarau

15 September 2019 15:54:10  Administrator  44 Kali Dibaca  Berita Desa

Batang Asam, Desa Lubuk Lawas pada hari minggu tanggal 15 September 2019 bertempat di waduk (Payo) Datuk Ibrahim sebagian besar masyarakat Desa Lubuk Lawas beramai-ramai mencari ikan seperti menangguk, mukat, melukah dan menangkul, kegiatan ini sering dilakukan masyarakat setiap kemarau panjang apabila waduk (payo) yang akan di tangguk sudah mulai mengering agar masyarakat akan mudah mencari ikannya apabila air waduknya sudah mulai kering dikarenakan ikan didalam waduk tersebut akan mengumpul pada genangan-genangan air yang sedikit lebih dalam dari tempat yang lainnya.

Kegiatan menangkap ikan secara tradisional seperti ini sudah dilakukan secara turun temurun dari nenek moyang terdahulu hingga sekarang masih digemari sebagian besar masyarakat di Desa Lubuk Lawas dikarenakan kegiatan ini mampu menciptakan kekompakan dan rasa kebersamaan masyarakat di desa.

Ada beberapa jenis ikan yang didapat dalam waduk tersebut antara lain : Ikan Ruan (Gabus), Pelumpung, Toman, Gamak, Sepat Siam, Sepat Biasa, Puyau, Rerepang, Lele, Belut dan jenis ikan air tawar lainnya. namun ada juga ikan tambak peliharaan masyarakat yang lepas dan berkembang biak secara liar didalam waduk tersebut seperti ikan Nila, Patin dan Lele Jumbo.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. M. Darwis RT. 002
Desa : Lubuk Lawas
Kecamatan : Batang Asam
Kabupaten : Tanjung Jabung Barat
Kodepos : 36552
Telepon : 081367401899
Email : lubuklawas@tanjabbarkab.go.id

 Arsip Artikel

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

Kemendagri Tanjung Jabung Barat KumpehHost
Kecamatan Batang Asam Kemendesa

 Komentar

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:84
    Kemarin:317
    Total Pengunjung:26.505
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.128.190.102
    Browser:Mozilla 5.0